Thursday 3 March 2016

Mudah Dimengerti - Situs Pendidikan Tentang Bitcoin

Lebih Runtut, Sangat Direkomonendasikan



Kadang kala, kita cukup sulit menemukan sebuah rujukan yang lebih mudah dan bisa dimengerti untuk bisa mengetahui lebih jauh tentang Bitcoin. Situs Edukasi Bitcoin lebih bisa menjawab kebutuhan tentang informasi yang anda butuhkan. Memberikan kemudahan dengan menggunakan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah untuk dimengerti. 

Memberikan penjelasan tentang Bitcoin, adalah hal yang rumit karena berkaitan teknologi informasi terutama dengan ilmu kriptografi yang banyak dijadikan dasar dalam pembangunan sistem di Bitcoin. Berbagai hal itu, disusun dengan runtut, dan diterjemahkan oleh situs Edukasi Bitcoin dengan lebih sistematis. 

Sebetulnya banyak ditemukan referensi tentang Bitcoin, namun sayangnya masih banyak yang menggunakan bahasa asing. Sedangkan masih minim penjelasan lebih detail tentang Bitcoin yang menggunakan bahasa Indonesia. Ketika di Forum-forum Bitcoin, sifatnya tidak bisa secara sistematis dan bisa menjelaskan secara lebih detail kaitan antara satu hal dengan lainnya, Selain itu, cukup susah untuk mencari bagian-bagian tertentu pada sebuah website yang berbentuk forum, 

Dilihat dari umur situs Edukasi Bitcoin, sepertinya situs ini masih baru. Namun, dari penjelasan yang diberikannya, akan bisa memberikan pengetahuan secara lebih terperinci. Mulai dari hal dasar, hingga kepada tingkatan selanjutnya. Berikut sistematika belajar bitcoin pada konten situs Edukasi Bitcoin yang bisa dijadikan referensi untuk mengerti lebih dalam tentang Bitcoin:

1. Pengertian Dasar Tentang Bitcoin 

Memberikan pengertian dasar tentang Bitcoin. Bagi pembaca yang belum mengetahui Bitcoin, tentu akan cukup berguna pada bahasan topik pertama ini. Beberapa topik dalam bahasan pengertian dasar ini membahas tentang: 
Pada topik bahasan ini, pembaca dibawa untuk mengetahui tentang dasar gambaran umum tentang sifat dan karakter Bitcoin. Yang pada akhirnya bertujuan untuk bisa mengenal perbedaan dasar Bitcoin dengan mata uang pada umumnya. Selain itu topik bahasan ini sebagai dasar untuk selanjutnya melangkah pada bahasan tentang konsep dasar Bitcoin. 

Pokok-pokok Bahasan dalam topik khusus tentang Gambaran Umum Bitcoin ini adalah:
Dompet Bitcoin, adalah sebuah bagian untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan Bitcoin. Pada topik bahasan ini dibahas lebih jauh tentang pengertian tentang dompet bitcoin dan bentuk-bentuk Dompet Bitcoin. Lebih detail tentang topik-topiknya sebagai berikut:
2. Sejarah Bitcoin
Bagian yang tidak bisa terlepas untuk bisa mengurai sejarah panjang perjalanan Bitcoin adalah berkaitan dengan ilmu kriptografi. Bitcoin banyak mengambil beberapa dasar teknik kriptografi sebagai dasar bangunan sistemnya. 

Proses penggambaran sejarah Bitcoin diawali dengan perkenalan pada sejarah sistem pembayaran elektronik, dan juga teknologi yang melingkupinya saat itu. Secara lebih detail, berikut adalah sistematika dan urutan dalam mengurai sejarah Bitcoin:

Memberikan gambaran umum untuk bisa mengurai sejarah Bitcoin. Kaitannya adalah, untuk menggambarkan bahwa sejarah Bitcoin akan berhubungan dengan awal dimulai dan dikembangkannya sistem pembayaran elektronik. Begitupun juga dengan teknologi yang melingkupinya.

Selain itu, pada bahasan ini juga memberikan gambaran sejarah sistem pembayaran elektronik yang telah ada dan diciptakan. Beberapa diantaranya yang masih bertahan hingga sampai saat ini. Sementara, banyak juga yang telah gagal dan menghilang. 

Bahasan pada topik ini, adalah sebagai landasan mengapa orang mulai mengembangkan sistem pembayaran elektronik. Kaitannya, tentu saja dimulai dengan pemberian penjelasan dan pengenalan pada sistem keuangan tradisional yang berlaku saat itu. 

Keterbatasan-keterbatasan pada sistem kuangan tradisional ini, selanjutnya memberikan stimulus untuk mulai mengembangkan sistem keuangan lanjutan. Dijelaskan mulai dari sistem primitif dengan cara barter dan sistematikanya. Hingga kemudian muncul sistem keuangan Tunai dan Kredit. 

Setelah diawali dengan sistem keuangan tradisional sebelumnya, pembaca akan mengetahui kaitannya dengan sistem keuangan berdasar pada pembayaran tunai dan kredit. Dan juga dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masingnya. 

Lebih jauh, mulai dikembangkannya kartu kredit online. Membahas juga beberapa rintangan dan beberapa permasalahan yang muncul pada pengembangan kartu kredit online ini. Selanjutnya, karena beberapa keterbatasan ini, akan beranjak kepada pembahasan selanjutnya, yakni mulai beralihnya dari sistem kredit ke tunai digital. 

Karena adanya beberapa permasalahan krusial pada pengembangan sebelumnya, maka kemudian pengembang mulai mengembangkan sistem tunai digital. Harapannya akan bisa menjadi solusi atas hal tersebut, yakni Crypto-Cash. 

Dijelaskan juga relasinya dengan beberapa teknologi yang muncul seperti DigiCash, Ecash, dan juga munculnya Mondex. Tidak terlewati, adalah penjelasan tentang salah satu tokoh yakni Chaum, yang cukup berpengaruh pada pengembangan teknologi saat itu. Banyak hal yang berkaitan dengan proses dan sistem kerja tunai digital ini akan berelasi dengan sistem bitcoin dan penggunaan teknologinya kemudian. 
Bagian terpenting dalam sistem tunai, baik pada sistem tunai konvensional maupun digital, adalah bagaimana penciptaan kas uang pertama yang akan digunakan. Dan pada bahasan ini, adalah penjelasan tentang bagaimana sebuah sistem tunai digital, memperoleh kas uang pertamanya. Diulas juga tentang munculnya NetCash. Hingga kemudian disinggung relasinya dengan pertambangan Bitcoin yang juga berfungsi sebagai penciptaan kas pertama Bitcoin, agar sistem Bitcoin bisa berjalan. 
Mengetahui lebih jauh peran Haber dan Stornetta, terutama tentang gagasannya untuk memberikan timestamping pada sebuah dokumen digital. Berlanjut kemudian pada gagasan Nick Szabo, dan juga Wei Dai. Sampai dengan gambaran tentang sistem B-Money dan juga Bitgold yang kemudian banyak menyinggung tentang Satoshi Nakamoto. 
Sosok yang masih misterius ini digambarkan dengan proses sejarahnya mulai dari relasi teknologi bitcoin dengan latar belakang dimulainya teknologi sistem pembayaran elektronik. Serta peran dan sepak terjang Satoshi Nakamoto di komunitas kriptografer saat itu. 

3. Konsep Dasar Bitcoin
Seperti yang digambarkan pada gambaran umum bitcoin dan juga sejarah panjang Bitcoin sebelumnya, bahwa Bitcoin meletakkan kriptografi sebagai landasan penting dalam pembangunan sistem Bitcoin. Sehingga untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang konsep dasar Bitcoin ini perlu dijelaskan dulu dengan pengantar Kriptografi dan kriptocurrency. Berikut adalah topik-topik bahasannya: 


4. Menambang Bitcoin
Menjelaskan tentang pengertian apa yang dimaksud dengan menambang Bitcoin, dan hal apa saja yang melingkupi hal dalam penambangan Bitcoin ini. Secara lebih detail berikut konten Edukasi Bitcoin pada topik tentang ini:

5. Membeli Bitcoin
Tidak dijelaskan secara mendetail dalam topik ini. Hanya dijelaskan secara singkat apa dan bagaimana membeli Bitoin dan kaitannya dengan pemilihan Dompet Bitcoin sebagai langkah awal untuk berinteraksi langsung dengan Bitcoin. 
6. Kalkulator Bitcoin
Konverter dan nilai harga Bitcoin berdasarkan nilai Rupiah. 
7. News
Berita dan informasi berkaitan dengan Bitcoin, perkembangan Bitcoin maupun perkembangan dan pengembangan teknologi Blockchain dalam banyak bidang. Begitu juga informasi cryptocurrency lain dan informasi yang bersifat komunitas Bitcoin. Lebih detail tentang konten bagian ini sebagai berikut:
8. Glosarium Istilah Bitcoin
Istilah dalam Bitcoin dan definisinya dengan bahasa indonesia. Sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Begitu juga kaitannya kata yang memiliki dua penafsiran yang sama. Karena dalam istilah Bitcoin, ada begitu banyak kata yang sama, yang juga dipakai dalam bentuk seperti situs, ataupun juga nama dompet Bitcoin. Sehingga hal itu bisa menimbulkan penafsiran yang berbeda. 

Sebagai Contoh: Misalnya, Blockchain yang artinya adalah buku besar (public ledger) Bitcoin. Dengan Blockchain yang berupa situs dompet bitcoin online, yang merujuk kepada Bitcoin.info. Begitu juga dengan kata lainnya yang dijelaskan secara berbeda sesuai konteks pada Bitcoin. 




2 comments:



  1. Cari Situs Judi Online yang fair ?
    No BOT - No ADMIN dan murni PLAYER vs PLAYER
    Solusinya hnya di NAGAQQ AGEN BANDARQ TERPERCAYA
    Bonus Refferal 20%
    Bonus Turn Over 0,5%
    Hanya dengan nominal deposit 15ribu sudah bisa bermain 4 game
    Dan raih jackpot puluhan sampai ratusan juta setiap harinya..
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    ReplyDelete

  2. Mau mebung di Agen Domino nagaQQhoki
    =>Bonus dan menang banyak dengan modal sedikit..
    Ayuk ga Refferal 20%
    =>Bonus Turn Over 0,5%
    =>Min Deposit Rp15.000
    =>1 User ID 5 Games
    Situs yang bisa memberikan kemenangan AGEN BANDARQ
    raih kemenangan anda segera...
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    ReplyDelete